Portal Home > Knowledgebase > Domain > Syarat Transfer Domain

Syarat Transfer Domain

transfer, domain

Salah satu layanan dari yang kami tersedia di hostnic adalah transfer domain, dengan atau tanpa hosting. Transfer domain adalah proses pemindahan pengaturan domain Anda dari registrar / provider domain yang lama, ke Hostnic. Lalu apa saja yang dibutuhkan supaya proses ini berjalan dengan lancar ?

Berikut syarat yang dibutuhkan untuk transfer domain :

1. Domain belum expired.
Transfer domain hanya dapat dilakukan apabila domain Anda masih dalam status Aktif. Untuk berjaga-jaga, proses transfer sebainya dilakukan minimal 7 hari sebelum domain expired.

2. Domain harus dalam keadaan unlock.
Untuk alasan keamanan, biasanya provider domain ‘mengunci’ / lock setiap domain yang berada dibawah pengaturan provider tersebut. Ketika Anda ingin men-transfer domain Anda dari provider lama ke Hostnic, domain Anda harus di-unlock terlebih dahulu, supaya proses transfer dapat dilakukan. Untuk hal ini, ada baiknya jika Anda menghubungi provider domain Anda. 

3. EPP key / Domain secret code.
EPP Key / domain secret code hampir dapat disamakan dengan password untuk domain. Sebelum domain ditransfer, pastikan Anda telah memiliki EPP key / domain secret code untuk domain Anda. Proses transfer domain tidak dapat dimulai apabila kami tidak memiliki informasi EPP key dari domain Anda.

Namun apabila registrar untuk domain Anda sama dengan registrar yang kami gunakan, silahkan sertakan juga customer ID dan e-mail yang digunakan untuk login ke domain manager ( pada provider lama ). Proses transfer pada registrar yang sama akan memakan waktu relatif lebih singkat.

4. Approval transfer
Ketika transfer domain akan dilaksanakan. Anda – sebagai pemilik domain – akan menerima e-mail dari registrar untuk persetujuan transfer domain. Jika Anda menyetujui transfer domain dilakukan, maka proses akan langsung berjalan secara otomatis dan baru akan berakhir setelah 5 hari. Jika tidak, maka proses transfer domain akan langsung dibatalkan.

Syarat transfer domain diatas berlaku untuk domain-domain internasional ( gTLD ). Sedangkan domain .id, Anda dapat menghubungi kami lebih lanjut untuk mendapatkan informasi lebih detail.


Also Read